Berbagai Aksesoris Gorden Beserta Fungsinya

Gorden atau tirai adalah salah satu komponen penting yang ada pada jendela rumah. Adanya tirai membuat jendela tampak lebih estetis jika dipandang dari bagian dalam rumah.

Aksesoris Gorden

Tampaknya, gorden hanyalah seperti tirai biasa. Padahal ada berbagai elemen tirai yang harus ada demi mendukung fungsinya. Apa saja aksesoris tirai serta fungsinya? Temukan jawabannya pada uraian di bawah.

Berbagai Aksesoris Gorden Beserta Fungsinya

Keindahan tirai jendela merupakan hal yang perlu diperhatikan, terutama bagi ruang yang sering digunakan untuk menerima tamu. Jika anda pergi ke toko tirai, pasti anda akan dihadapkan berbagai pilihan mengenai jenis tirai yang dibeli.

Selain itu, anda juga bisa memilih aksesoris untuk gorden rumah. Berikut ini berbagai aksesoris untuk tirai beserta fungsinya :

1. Batang tirai / rel tirai

Bagi kalian yang ingin membeli tirai, aksesoris yang satu ini tidak boleh kalian lewatkan. Batang tirai merupakan alat yang dibentuk dan bisa digunakan untuk menggantungkan kain gorden murah. Alat yang satu ini sering disebut dengan pipa tirai.

Bahan-bahan pembuatan batang atau rel tirai tersebut beragam, ada yang terbuat dari alumunium ataupun kayu.  Tanpa adanya batang tirai, kain tirai tidak akan bisa menutupi keseluruhan jendela.

2. Smoke ring / cincin tirai

Adanya batang tirai pasti memerlukan cincin yang dipasang pada badan tirai. Cincin tirai ini diperlukan untuk mengaitkan tirai kepada batang tirai. Smoke ring berbentuk bundar dan berdiameter kecil hingga sedang. Biasanya, ukuran cincin untuk tirai disesuaikan dengan lingkar rel tirai.

3. Tassel / tali tirai

Jika anda pergi ke toko gorden, pasti anda akan melihat berbagai model tirai. Mulai dari yang kecil hingga besar, yang tipis hingga tebal, dan terbuat dari berbagai jenis bahan. Jika tirai-tirai tersebut hanya digantungkan pada rel, maka akan cukup mengganggu pemandangan.

Oleh karena itu tassel adalah aksesori tirai yang sangat perlu untuk kalian beli di toko. Bentuk tassel cukup beragam. Ada yang berupa selembar kain persegi panjang dengan kaitan di kanan kirinya, ada juga yang berbentuk seperti tali dengan rumai-rumbai yang estetis.

4. Rel vitrage

Selain rel tirai, ternyata rel vitrage juga masih dipergunakan hingga saat ini. Bentuk dari rel vitrage bisa dibilang sebagai pendahulu rel tirai. Bentuknya lebih sederhana, dan biasanya terbuat dari alumunium. Selain itu, model tirai yang dipergunakan untuk jenis rel seperti ini adalah model plisket maupun vitrage.

5. Hook / gantungan tassel

Pada tirai terdapat tassel iyang berfungsi untuk mengikat tirai agar ringkas. Lalu, tassel tersebut di ikatkan pada hook atau gantungan tassel. Dengan adanya aksesoris tirai yang satu ini, maka tassel dan tirai tidak mudah terurai. Selain itu, adanya hook membantu menyibak tirai agar tidak mudah menutupi bagian jendela.

6. Brucket tirai

Adanya brucket pada tirai biasanya berfungsi untuk penahan rel tirai. Bentuk dari brucket ini juga beragam. Dan yang termasuk dalam jenis-jenis brucket yaitu brucket U, short, dan long.

7. Kawat tirai

Adanya kawat tirai biasanya dipergunakan bagi tirai yang berjenis vitrage. Fungsi dari kawat tirai adalah untuk menggantungkan tirai pada roda tirai yang di pasang pada rel.

Nah, berbagai aksesoris gorden di atas memiliki fungsi tersendiri yang begitu diperlukan keberadaannya. Jika anda membeli tirai, perhatikan jug aksesoris yang dibutuhkan agar nantinya tirai bisa di pasang dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *