Ketahuilah! Dampak Kelembaban Berlebih Bagi Karpet

Menjaga kelembaban ruangan merupakan hal yang patut mendapat perhatian khusus. Hal ini dikarenakan kelembaban ruangan bisa memberikan pengaruh yang signifikan. Terutama apabila berlangsung dalam kondisi berkepanjangan.

Dampak Kelembaban Berlebih Bagi Karpet

Tidak saja pada barang-barang furnitur seperti lemari kayu atau material  ruangan, seperti dinding atau vinyl lantai. Kelembaban juga memberikan dampak pada karpet lantai dan dekorasi interior lainnya. Bahkan, lebih jauh lagi, kelembaban yang berlebihan juga dapat memberikan dampak pada penghuni rumah.

Dampak Ruangan dengan Kelembaban Berlebih

Ada macam-macam dampak yang dapat ditimbulkan oleh kelembaban udara. Baik jika terlalu lembab atau malah kurang lembab (kering). Kelembaban dapat membuat tembok menjadi mudah keropos dan cat mengelupas.

Pada furnitur kayu, kelembaban berlebih menyebabkan material lemari menjadi rapuh dan mudah terurai, Vinyl lantai mungkin dapat bertahan lebih baik karena tahan air, namun akan lebih optimal jika kelemababan udara senantiasa terjaga. Sementara pada material besi, bisa mengakibatkan besi jadi cepat berkarat.

Selain itu, jamur, bakteri dan juga sumber penyakit lainnya bisa dengan mudah tumbuh di dalam ruangan. Belum lagi, ruangan dengan kelembaban berlebih merupakan jenis ruangan yang disenangi hama seperti tikus dan kecoa.

Dampak Kelembaban Berlebih pada Karpet

Sama halnya dengan interior ruangan lainnya, karpet pun akan terkena dampak dengan kelembaban berlebih pada ruangan. Beberapa dampaknya antara lain:

  • Karpet akan ikut terasa lembab dan tidak nyaman.
  • Karpet bisa menjadi sarang jamur dan bakteri. Hal ini tidak bisa dibiarkan karena karpet yang seharusnya bisa memberikan kenyamanan pada penghuni rumah, malah bisa menjadi sumber penyakit.
  • Tumbuhnya jamur dan bakteri pada karpet juga bisa menyebabkan karpet berbau tak sedap
  • Karpet akan menjadi lapuk dan berubah warna. Apalagi jika sudah ada jamur yang tumbuh, kecantikan karpet akan rusak seketika.

Itulah beberapa dampak kelembaban berlebih pada karpet. Untuk mengatasinya, cobalah pasang dehumidifier di ruangan agar kelembaban ruangan senantiasa terjaga. Pastikan setiap haris ada sinar matahari yang masuk dengan intensitas cukup. Agar semua interior ruangan, termasuk vinyl lantai bisa terjaga keawetan dan juga higienitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *