Ketahanan Air Gypsum Tergantung Jenisnya

Gypsum atau orang sering juga menyebutnya gipsum adalah jenis mineral yang  mengandung banyak kadar kalsium. Gypsum dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan dari produk kosmetik, obat-obatan dan bahan bangunan seperti plafon akustik.

Manusia menggunakan gypsum sebagai alternatif bahan bangunan sejak dahulu kala. Di dunia kontruksi, gypsum umumnya menjadi sebuah pelapis papan plafon atau dinding bangunan.  Sedangkan di Indonesia penghasil utama gypsum adalah di daerah Jawa Barat dan pulau Kalimantan. Walau gypsum berlimpah ruah di bumi Indonesia ternyata keberadaannya belum dimanfaatkaan secara maksimal oleh masyarakatnya. Sekitar 95% pengguna gypsum hanya menggunakannya sebagai plafon akustik saja, penggunaan gymsum pada produk bangunan lain seperti tembok kering  (dry wall)  masih sangat kurang.

Ketahanan Air Gypsum

Dengan memasang gypsum pada langit-langit bangunan rumah dipercaya akan meningkatkan nilai kerapian, estetika dan seni sebuh ruangan. Ruangan akan terlihat lebih mewah, terlebih ada banyak sekali bentukan gypsum yang elegan diperjualbelikan dengan bebas di toko bangunan. Namun tentu kita tidak dapat sembarangan memasang gypsum sesuka hati karena terdapat banyak sekali harga plafon gypsum murah di pasaran yang kualitasnya patut dipertanyakan. Oleh karena itu terlebih dahulu harus memahami jenis-jenis gypsum karena mempengaruhi ketahanan gypsum pada air, api, dan goncangan saat gempa. Berikut jenis-jenis gypsum yang perlu diketahui:

Jenis-jenis papan gypsum

  • Base Line merupakan  papan gypsum yang standar yang  telah terlapisi bahan kertas putih . Umumnya digunakan sebagai plafon atau partisi dinding . selain menambah estetika gypsum ini berfungsi pula untuk menghambat panas serta  api. Biasanya harga plafon gypsum murah jika dibanding jenis gypsum lainnya.
  • Top Line serupa dengan base line yaitu papan gypsum yang dilapisi kertas putih, tujuannya untuk memberi kesan halus pada permukaan papan. Adapun fungsinya yaitu  untuk  menghambat panas dan api jika terjadi kebakaran karena bahannya yang sulit terbakar.
  • Aqua Line yaitu papan gypsum yang terkenal dengan ketahanan airnya. Gypsum dicampur dengan cairan kimia silikon yang telah terpolimerasi. Fungsi papan gypsum ini adalah untuk menahan adanya penyerapan jadi sangat cocok untuk bangunan-bangunan yang berada di wilayah dengan intensitas hujan yang tinggi.
  • Fire Line merupakan papan gypsum yang didesain khusus untuk menahan panas dan api karena papan gypsum ini memiliki kohesivitas suhu tinggi yang maksimal. Cocok digunakan pada banguna-angunan produksi yang rawan kebakaran misal dapur restoran dan lain sebagainya.
  • Therma Line mirip dengan gypsum base line. Namun yang membedakan keduanya adalah pada therma line lapisan kertas putih yang digunakan lebih padat dan kuat. Ditambah, pada gypsum ini terdapat polystyrene pada lapisan materi insurasinya. Jadi ketahanan pada api jauh lebih baik.
  • Dura Line adalah jenis papan gypsum yang punya ketahanan terhadap goncangan dan benturan. Plafon akustik jenis ini sangat cocok untuk bangunan-bangunan komersil seperti hotel, bank dan sebagainya

Relatif murah dan mudah didapat

Plafon Gypsum

Umumnya ketika seseorang memutuskan untuk membangun rumah harga plafon gypsum murah menjadi patokan untuk menyusun anggaran pembangunan. Dibandingkan komponen material bangunan lain memang papan gypsum merupakan materia yang tergolong relatif murah dan mudah didapatkan di toko-toko bangunan. Tapi jangan salah, walaupun relatif murah pembeli tetap akan memperoleh kualitas yang baik.

Yang membedakan harga pada umumnya hanya pada moti dan ukirannya saja. Terdapat banyak motif dari motif oriental, eropa maupun hanya papan gypsum polos standar. Selain motif yang ditawarkan di toko bangunan adapula jasa ukir plafon akustik, jadi pengrajin ukir akan menyesuaikan motif dan ukiran gypsum sesuai keinginan pemesannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *