Mudah dan Praktis! Inilah Kiat Paling Tepat Menjaga Kebersihan Vertical Blind

Kiat Paling Tepat Menjaga Kebersihan Vertical Blind

Beragam jenis tirai kini sangat variatif dengan keunggulannya masing-masing. Salah satu jenis tirai yang kini sangat populer di kalangan masyarakat adalah vertical blind. Sekilas tirai modern ini memiliki fungsi yang sama dengan jenis tirai lain seperti gorden kain dan sejenisnya. Namun ada beberapa perbedaan khusus yang ternyata membuat tirai blind jauh lebih digemari oleh masyarakat. Tak heran, saat ini hampir setiap hunian dan bangunan di perkotaan pasti sudah menggunakan tirai modern ini disetiap jendela ruangannya.

Meski memiliki desain yang modern, namun dalam hal kebersihan tirai ini memiliki kesamaan dengan tirai-tirai lain pada umumnya. Untuk menjaganya kebersihannya, Anda harus melakukan beberapa hal penting yang tidak boleh terlewatkan. Tak perlu bingung dan khawatir, dalam menjaga kebersihannya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Anda hanya perlu melakukan beberapa kiat tepat seperti yang akan dijelaskan berikut ini!

Kiat Menjaga kebersihan Vertical Blind

Mudah dan praktis, untuk menjaga kebersihan pada jenis tirai yang satu ini, Anda harus melakukan beberapa hal sederhana. Seperti yang kita tahu, kebersihan selalu menjadi faktor utama yang akan menentukan kualitas suatu material. Maka jagalah kebersihannya secara tepat dan optimal dengan kiat-kiat berikut ini!

1. Lakukan Pembersihan Secara Rutin

Kiat Paling Tepat Menjaga Kebersihan Vertical Blind

Menjaga kebersihan tirai jenis blind sangatlah mudah dan praktis, Anda hanya perlu membersihkannya secara rutin. Anda bisa membersihkannya setiap hari atau setiap dua hari sekali, dengan demikian tirai blind Anda dijamin akan selalu terhindar dari debu dan kotoran yang menempel. Jangan biarkan ada kotoran atau debu yang menempel sedikit pun, karena jika dibiarkan semakin lama kotoran tersebut akan berkerak dan sulit untuk dihilangkan.

Jika sudah seperti itu, tirai akhirnya akan terlihat sangat buruk dan lapisan materialnya menjadi keropos. Maka dari itu, rajinlah untuk melakukan pembersihan pada tirai blind secara rutin.

2. Bersihkan Tirai dalam Kondisi Tertutup

Hal lain yang tidak boleh Anda lupakan dalam menjaga kebersihan vertical blind, yaitu selalu menjaga keualitasnya. Dalam melakukan pembersihan, biasakan untuk melakukannya dalam kondisi tirai tertutup. Hal ini sangat penting karena dengan kondisi tertutup, Anda akan semakin mudah untuk menghilangkan kotoran dan debu secara menyeluruh tanpa harus menekan atau merusak kerangka tirai. Dengan posisi tirai tertutup, kotoran dan debu yang menempel juga akan hilang secara keseluruhan tanpa tersisa sedikitpun.

3. Gunakan Alat yang Lembut Atau Mesin Penyedot Debu

Menjaga kebersihan tirai blind tidak sama dengan tirai yang terbuat dari kain. Anda harus menggunakan alat yang lembut agar kotoran benar-benar dapat hilang. Jangan pernah menggunakan sikat atau bahan-bahan bertekstur kasar lainnya, gunakanlah kain lap sejenis kanebo atau yang terbuat dari bahan katun. Jika ingin lebih praktis, Anda juga bisa menggunakan mesin penyedetot debu.

4. Sesekali Bersihkan dengan Cairan Pembersih Khusus

Kiat Paling Tepat Menjaga Kebersihan Vertical Blind

Membersihkan tirai ini tidak akan cukup jika hanya menghilangkan debu dan kotoran yang terlihat saja. Sesekali Anda bisa membersihkannya dengan cairan pembersih khusus sehingga tirai benar-benar bersih dan terlihat kinclong seperti baru. Anda bisa menggunakan cairan pembersih kaca atau dengan bahan alami seperi air perasan lemon. Anda bisa menyemprotkannya pada permukaan tirai yang sebelumnya sudah dibersihkan dari debu dan kotoran. Jangan lupa, setelah cairan pembersih disemprotkan Anda harus mengelapnya secara perlahan menggunakan kain lap yang lembut.

Lakukan ini setiap satu minggu sekali, dijamin tirai blind tidak hanya sekedar bersih namun permukaannya akan tampak kinclong seperti baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *