Mau Ruangan Jadi Kedap Suara? Yu! Coba Pakai Berbagai Material Ini

Ruangan Jadi Kedap Suara

Ruang kedap suara dapat menjadi solusi untuk mengatasi kebisingan, baik dari luar ruangan atau sebaliknya. Bioskop, studio musik, ruang meeting adalah contoh ruangan yang menggunakan material tertentu untuk merealisasikannya. Jika Anda ingin melakukan hal serupa pada kantor dengan menggunakan jasa kontraktor kantor, bisa menyarankan material yang tepat, berikut ini contohnya.

4 Material Kedap Suara Yang Bisa Anda Pilih

Ada empat material kedap suara yang sering dipakai untuk membuat sebuah ruangan tak lagi bermasalah dengan suara bising. Bangunan bioskop dan studio musik biasanya memilih satu di  antaranya. Ada yang dikenal dengan nama rockwool, glasswool,cellulose fiber dan foam. Masing-masing memiliki karakteristik dan cara pemasangan yang berbeda.

1. Rockwool

Rockwool

Bahan yang satu ini terbuat dari serat mineral yang ringan, dengan kerapatan 30 gram/cm3 hingga 100 gram/cm3. Kemampuannya menyerap panas serta suara menjadikan rockwool banyak dipakai untuk peredam suara berbagai ruangan.

Kelebihan dari material yang sering dipakai kontraktor bangunan ini adalah ketahananya terhadap api sehingga terbilang awet. Tapi banyak kekurangan yang dimilikinya seperti tidak baik untuk dihirup bau yang dimunculkan rockwool, membuat kulit yang terkena rockwool terlalu sering menjadi iritasi seperti gatal maupun ruam, jangka waktu pemakaian relatif pendek dan sangat mudah mengalami kerontokan pada bahan rockwool.

2. Glasswool

Material ini terbuat dari fiberglass dengan tekstur mirip bulu binatang jenis domba. Glasswool dapat menahan udara dan suara yang berada antara 25 gram/cm3 sampai 75 gram/cm3. Tebal yang disediakan produsen antara 25 milimeter – 50 milimeter, dengan bentuk lembaran atau gulungan yang disebut roll.

Glasswool

Kelebihan dari bahan ini adalah harganya yang relatif murah dari material lain dan mampu menyerap panas. Sedangkan kekurangannya adalah sangat rentan terbakar, berjamur akibat penyerapan uap air yang terjadi, sama dengan rockwool, glasswool juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit, bahkan bisa mengganggu pernafasan bagi penderita asma.

3. Cellulose Fiber

Terbuat dari bahan alam di antaranya daun, kayu atau akar. Material ini diklaim bisa mengatasi kebisingan suara hingga 50 persen. Tebal yang tersedia adalah 1 sentimeter, dan merupakan salah satu yang banyak dipakai karena pori dari serat selulosanya terbilang bagus dan halus.

Kelebihan dari material ini adalah jenisnya yang beragam, bahan bakunya sangat mudah didapatkan serta merupakan insulator panas. Maka kontraktor kantor, gedung, atau perumahan banyak yang menganjurkan pemakaian material ini. Sedangkan kekurangan bahan material satu ini adalah berjamur, tidak awet, harga agak mahal karena proses pembuatannya sulit dan lama.

4. Foam

Jenis busa atau foam yang biasa dipakai adalah polyurethane. Biasanya gedung kantor lebih cenderung menggunakan material ini karena bentuknya yang variatif dan memiliki daya serap lebih maksimal.

Kelebihan dari material ini adalah mudah dipasang dan ringan jika dibandingkan jenis material lain. Sayangnya kekurangannya juga ada yaitu mudah terbakar, bisa berjamur karena daya serap air yang tinggi, dan mudah rontok sehingga tak tahan lama dipakai.

5. Acourate Fiber

Bahan pembuatan dari material acourate fiber adalah serat jenis sintetis atau biasa dikenal dengan polypropulene. Dengan pilihan ketebalan 4 milimeter hingga 10 milimeter. Kerapatan yang berkisar dari 300 gram/cm3 hingga 1000 gram/cm3.

Kelebihan bahan material ini adalah tidak rontok, tidak mudah berjamur karena tak menyerap air, tipis sehingga ruangan tak menjadi sempit saat dipasangi dan tahan lama. Kekurangannya hanya harga yang mahal, tapi kalau Anda memprioritaskan kualitas , maka bisa meminta jasa kontraktor bangunan untuk pakai material ini.

Setelah mengetahui material apa saja yang bisa dipakai untuk membuat sebuah ruangan menjadi kedap suara, Anda bisa menggunakan jasa kontraktor kantor atau bangunan untuk melakukan pemasangan material kedap suara tersebut. Pastikan berdiskusi terlebih dahulu agar hasilnya benar-benar memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *