Empat Teknik Utama dalam Memotong GRC Board Agar Rapi dan Sesuai Ukuran

Teknik Memotong GRC Board – Penggunaan GRC board saat ini semakin diminati oleh banyak orang baik untuk gedung umum ataupun rumah pribadi. GRC board sendiri bisa dimanfaatkan pada banyak bagian dalam bangunan, baik sebagai plafon rumah, dinding GRC dengan beragam desain, hingga partisi ruangan.  Bahan GRC board yang terdiri dari zat fiber dan semen putih membuat GRC memiliki banyak keunggulan, seperti tahan lama, ringan dan kuat, selain itu harga GRC board juga cukup terjangkau di pasaran.

Teknik Memotong GRC Board

Teknik Memotong GRC Board

Bahan GRC yang bagus dan ringan tidak akan memberikan hasil sempurna pada plafon atau dinding tanpa menggunakan teknik pemotongan yang benar. Terlebih jika ingin memasang lisplang GRC yang fungsi utamanya memperindah estetika bangunan, maka pemotongan GRC harus dilakukan dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan ukuran atau meninggalkan bekas yang mengganggu pemandangan. Berikut empat teknik utama dalam memotong GRC board

1. Siapkan Alat yang Diperlukan dan Area Kerja yang Sesuai

Langkah pertama dalam melakukan pemotongan GRC adalah dengan menyiapkan beberapa alat yang dibutuhkan serta area kerja yang tepat. Beberapa alat yang digunakan dalam melakukan pemotongan GRC adalah pensil, gergaji, penggaris besi, dan tentunya papan GRC yang akan dipotong. Jangan lupa untuk membeli GRC berkualitas sebelum dipotong yang bisa di beli di toko terpercaya dengan bentuk yang bervariasi.

Selanjutnya siapkan area kerja yang cukup memadai untuk bisa memotong papan GRC dengan leluasa. Jangan lupa siapkan meja di area kerja, karena meja tersebut yang nantinya digunakan tumpuan dalam proses pemotongan papan GRC

2. Ukur Bagian yang Akan dipotong dan Berikan Tanda

Setelah peralatan dan ruangan tersedia, langkah selanjutnya adalah mengukur papan yang akan dipotong dengan ukuran yang dibutuhkan. Misalnya, jika papan akan digunakan untuk memasang lisplang GRC maka sesuaikan antara ukuran lisplang dengan papan GRC yang akan dipotong. Setelah ukuran ditetapkan, maka tandai bagian papan GRC yang akan dipotong menggunakan pensil.

 3. Gunakan Penggaris Pembantu

Agar proses pemotongan bisa berjalan dengan mudah sesuai ukuran yang sudah diberi tanda, maka gunakan penggaris untuk diletakkan di atas garis yang akan dipotong. Pilih penggaris besi yang memiliki bobot lebih berat, agar tidak mudah bergeser pada saat proses pemotongan. Selain menghindari kesalahan ukuran saat memotong, teknik ini juga bisa mempermudah seseorang dalam proses pemotongan, agar alat pemotong tidak mudah keluar garis, karena ada penggaris besi yang membatasi di tepinya.

4. Gergaji Bagian yang Sudah Ditandai

Gergaji grc

Langkah terakhir adalah melakukan pemotongan dengan gergaji, dengan salah satu kaki menginjak papan GRC sekaligus penggaris besi di atasnya. Sementara tangan kanan menggergaji dari tepi papan GRC dengan kuat, dan tangan kiri memegangi papan dari tepi lainnya.

Pastikan memotong dengan sekuat tenaga, agar tidak tersendat-sendat dalam proses pemotongan, karena jika tersendat akan menyebabkan area potongan meninggalkan bekas. Lakukan pemotongan ini diatas meja kerja, agar ujung gergaji tidak berbenturan dengan bidang lain yang berlawanan arah sehingga mengganggu proses kerja.

Demikianlah empat teknik yang harus diperhatikan dalam melakukan pemotongan GRC board agar proses berjalan mudah dan sesuai ukuran yang dibutuhkan. Agar pemotongan berjalan dengan baik, maka seharusnya  dilakukan oleh tangan yang sudah terbiasa dan ahli di bidangnya. GRC board  sendiri saat ini sudah tersedia di toko dalam bentuk papan atau potongan, dengan harga GRC board yang tetap terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *