Tips Memilih Kusen yang Paling Tepat dengan Desain Rumah

Tips Memilih Kusen Rumah

Berbicara soal bagian rumah memang tidak akan ada habisnya. Selalu ada saja sisi detil rumah yang harus kamu perhatikan sebagai empunya rumah. Salah satu yang terpenting dari sebuah rumah yang wajib mendapatkan perhatian adalah kusen pada pintu atau jendela. Kusen adalah bingkai yang menjadi penghubung antara pintu atau jendela dengan dinding rumah. Bahannya bervariasi, ada yang suka menggunakan kusen aluminium dan ada pula yang lebih suka dengan kusen kayu. Lalu, bagaimana cara untuk memilih kusen yang paling tepat dengan desain rumah? Simak ulasannya berikut ini!

5 Tips Jitu Dalam Memilih Kusen untuk Rumah

Tips Memilih Kusen Rumah

Keberadaan kusen tidak bisa dipandang sepele loh. Jika kamu salah dalam memilih kusen, bukannya rumahmu tambah bagus, malah yang ada terkesan makin tidak serasi. Bingkai jendela atau pintu yang terdapat di rumah sebisa mungkin harus “menyatu” dengan desain rumah. Nah, inilah yang menjadi tantangan bagi banyak orang bahwa menemukan kusen yang tepat itu bukanlah perkara yang mudah. Jika kamu termasuk dari mereka yang masih bingung cara memilih kusen yang terbaik, ikuti 5 tips jitu berikut ini!

1. Memastikan Ukuran Terlebih Dahulu

Mau pakai kusen aluminium ataupun kusen kayu, aturan pertama tetaplah sama, yaitu kamu harus memastikan ukurannya terlebih dahulu. Bingkai jendela atau pintu yang nantinya terpasang jangan sampai ukurannya melebihi atau kurang dari ukuran sewajarnya. Saat membangun rumah, pasti lubang seperti pintu atau jendala sudah mendapatkan perhitungan yang tepat. Ukuran itulah yang menjadi dasar dalam menentukan ukuran kusen. Bisa kebayang kan gimana jeleknya jika ukuran kusen yang kamu beli dan pasang tidak pas dengan lubang yang tersedia.

2. Pilih Bahan Kusen yang Terbaik

Bahan baku kusen ada banyak jenisnya. Tapi, yang biasanya dipakai banyak orang adalah bahan kayu dan aluminium. Kedua bahan tersebut dinilai memiliki daya tahan yang baik serta dapat menambah keindahan bagi rumah. Tentu saja soal pemilihan bahan ini sangat bergantung pada seleramu, apakah kamu lebih menyukai bahan kayu atau justru aluminium. Bila kamu bingung, coba deh pertimbangkan kembali kira-kira kamu ingin rumahmu memiliki tema seperti apa. Bila kamu menginginkan rumah dengan tema yang modern-minimais, maka bahan aluminium sangat direkomendasikan.

3. Tentukan Model yang Sesuai

Model kusen yang terdapat di pasaran sangat beragam. Namun, pada intinya, kamu hanya perlu memilih mana model bingkai yang pas dengan desain rumahmu. Ada bingkai yang cendering tebal, tipis, atau mengombinasikan keduanya. Urusan model kusen ini memang agak membingungkan. Yang kamu perlukan adalah membayangan saat model kusen tertentu sudah terpasang, apakah kusen tersebut bisa sesuai dengan desain rumah atau tidak.

4. Perhatikan Warna Kusen

Setelah memilih model yang tepat, berikutnya adalah pilih warna yang sesuai. Model yang bagus tanpa ditunjang dengan warna yang pas adalah kesia-siaan. Kamu bisa memilih warna kusen yang selaras dengan warna dominan pada rumahmu atau memberikan warna yang cenderung gelap untuk menampilkan kesan “tegas”. Jangan terlalu pusing saat memilih warna. Yang terpenting, pilihlah warna yang cocok dengan warna dan desain rumah kamu.

5. Jangan Segan Berkonsultasi

Bila kamu masih terus menerus bingung memilih kusen yang paling pas dengan desain rumah, maka lakukan tips terakhir ini, yaitu berkonsultasilah dengan orang lain. Tanyakan orang yang sudah berpengalaman memilih kusen rumah. Bila perlu, konsultasikan hal ini kepada ahli konstruksi untuk mendapatkan masukkan yang terbaik. Dengan cara ini, kamu akan mendapatkan rekomendasi kusen yang paling tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *